RPP BIOLOGI SMA


RPP adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan managemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.

RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan di satuan pendidikan.

Komponen RPP adalah:

1. Identitas mata pelajaran,  meliputi:

a. satuan pendidikan,

b. kelas,

c. semester,

d. program studi,

e. mata pela­jaran atau tema pelajaran,

f. jumlah pertemuan.

2. Standar kompetensi

merupakan kualifikasi kemam­puan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran. SK (Standar Kompetensi) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah SK=KK + KB

 

3. Kompetensi dasar,

adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran ter­tentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran. KD (Kompetensi Dasar) dituliskan dengan memakai Kata Kerja + Kata Benda, sehingga rumusnya adalah KD=KK + KB

4. Indikator pencapaian kompetensi,

adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilai­an mata pelajaran.  Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian. Kata Kerja Operasional (KKO) indikator dimulai dari tingkatan berpikir mudah ke sukar, sederhana ke kompleks, dekat ke jauh, dan dari konkret ke abstrak (bukan sebaliknya)

5. Tujuan pembelajaran,

menggambarkan proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.

6. Materi ajar,

memuat fakta, konsep, prinsip, dan pro­sedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.

7. Alokasi waktu,

ditentukan sesuai dengan keperluan un­tuk pencapaian KD dan beban belajar.

8. Metode pembelajaran,

digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembela­jaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemi­lihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situ­asi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.

9. Kegiatan pembelajaran :

a. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

b. Inti

Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

c. Penutup

Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.

10. Penilaian hasil belajar

Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kom­petensi dan mengacu kepada Standar Penilaian. Penilaian diisikan dengan jelas jika tes tertulis terdiri dari apa sajakah tertulisnya sesuaikan dengan uraian pada kolom indikator, apakah bisa ESSAY, PILIHAN GANDA, PENYUSUNAN LAPORAN atau lainnya yang sifatnya tertulis. Jika Tes-nya berbentuk Lisan demikian pula tes lisan nya apa saja.

 

 

11. Sumber belajar

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom­petensi. Sumber Belajar wajib dituliskan lengkap Judul Buku, Modul apa, yang ke-berapa serta Pengarang dan Penerbitnya

 

Berikut kumpulan lengkap:

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Biologi SMA kelas X, XI dan XII PDf yang bisa didownload :

1. RPP Biologi SMA  Kelas X 

2. RPP Biologi SMA Kelas XI IPA smt 1-2

3. RPP Biologi SMA Kelas XII IPA

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) Biologi SMA kelas X, XI dan XII  microsoft office yang bisa didownload :

1. RPP BIOLOGI SMA KELAS X

2.RPP BIOLOGI SMA KELAS XI IPA

3.RPP BIOLOGI SMA KELAS XII IPA

138 thoughts on “RPP BIOLOGI SMA

  1. Wowwwwww Wonderfullll, trimakasih Bapak guru yang mulia, banyak sekali manfaat untuk saya, abis lengkap banget ……. tiap Bab dan ….. RPP nya mantaaaaaaappppppp, trims, trims, trims…..

  2. ngapunten bapak, saya mengambil untuk pembelajaran di sekolah . . . hanya bisa mendo’akan semoga menjadi amal kebajikan bagi panjenengan beserta keluarga dan sekolah . . . amien. Sepertinya untuk kelas XI masih kurang sistem kekebalan nggih …

  3. makasih banyak Pak sangat bermanfaat…Pak tolong kloe ad RPP yg kurikulum 2013 di bagi ya Pak…skali lagi makasi Pak…..

  4. Assalamualaikum wr wb….
    Mohon ijin download dan copy ya bapak….
    Terima kasih… ilmunya yang bermanfaat ini, semoga menjadi amal kebaikan bapak, aamiin yra..

  5. Assalamualaikum Pak, terimakasih karena postingan bapak sangat bermanfaat dan membantu saya mengerjakan tugas perkuliahan. Saya ingin bertanya Pak, mengenai pembuatan RPP. Apabila KD tersebut memiliki ranah kognitif C5 dalam K13 (mengevaluasi) apa kiranya KKO yang dapat digunakan, karena seperti kata bapak, indikator yang dibuat harus dari yang sederhana menjadi kompleks dan tidak bisa sebaliknya. sedangkan C5 itu sendiri sudah menunjukan bahwa tujuan pembelajaran yang harus di capai memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi menurut saya. jadi seperti apa indikator dan tujuan pembelajarn yang benar agar sesuai dengan KD tersebut dan juga sesuai dengan tingkat berpikir anak SMA ? atas jawabannya saya ucapkan terimakasih Pak.

  6. Asww Pak Lug. Mohon maaf saya juga ikut copy sekedar perbandingan, karena sekarang sudah kurikulum 2013 revisi kedua. namun pada prinsipnya tetap punya arti. semoga bapak posting RPP yg baru

  7. Ping balik: Biologi Xi – agc

  8. Terimakasih, Bapak. Saya memang sedang ditugaskan untuk mencari rpp biologi untuk mata kuliah telaah dan alhamdulillah saya menemukan disini. ini benar-benar membantu sekali. semoga bapak selalu sehat walafiat. saya hanya bisa mendoakan bapak yang baik-baik sebagai bentuk terimakasih 🙂

Tinggalkan Balasan ke biologiklaten Batalkan balasan